Pengenalan Java
Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang
dikeluarkan oleh Sun Microsystem. Dengan semboyan “write once run
everywhere”, portabilitas Java merupakan salah satu kekuatan yang dimiliki oleh
Java, yang memungkinkan Java
dijalankan pada sistem operasi apapun. Selain itu kekuatan lain yang ditawarkan adalah
keamanan aplikasi Java.
Hingga saat ini bahasa pemrograman Java terus mengalami
peningkatan. Mula-mula diproduksi Java 1, yaitu yang biasa disebut JDK .
Pada
perkembangan selanjutnya Sun Microsystem memperkenalkan Java
versi 1.2 atau yang lebih dikenal dengan Java 2 yang terdiri atas JDK dan JRE (Java
Runtime Environtment).
Pada
Java 2 ini dibagi menjadi 3 kategori yaitu :
1. Java
Standard Edition (J2SE)
Kategori
ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi Java pada level PC
(Personal Computer).
2. Java
Enterprise Edition (J2EE)
Kategori
ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangakan aplikasi-aplikasi Java pada lingkungan enterprise.
3. Java 2 Micro Edition (J2ME)
Kategori
ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi Java pada perangkat-perangkat
semacam ponsel,PDA, dan Pocket PC.
Dari
ketiga kategori diatas yang akan dibahas adalah Java 2 Micro Edition (J2ME).
Pengenalan Java
2 Micro Edition
Java 2 Micro Edition dirancang untuk dapat
menjalankan program Java pada
perangkat-perangkat semacam ponsel dan PDA, yang
memiliki jumlah memori
dan kapasitas penyimpanan yang terbatas.
J2ME
terdiri atas komponen-komponen, yaitu :
1. Java
Virtual Machine :
Komponen
ini digunakan untuk menjalankan program-program Java pada emulator.
2. Java API
(Application Programming Interface) :
Komponen
ini merupakan kumpulan library untuk menjalankan dan mengembangkan program Java pada perangkat
yang ada.
3. Tools
Emulator
untuk pengembangan aplikasi Java. Untuk menjalankan Midlet, programmer tidak perlu memiliki dan mencobanya
pada ponsel, cukup dengan emulator dari ponsel yang
dapat dijalan pada PC.
Saat
ini terdapat dua jenis aplikasi dari J2ME, yaitu :
1.Walled garden application, yaitu aplikasi yang berdiri sendiri,
yang berjalan pada ponsel tanpa perlu mengakses sumber
data eksternal melalui jaringan pembawa.
Pentransferan
data dapat digunakan Bluetooth, Infrared ataupun Kabel Data. Jenis aplikasi
inilah yang dipakai oleh penulis
saat ini dan dengan media transfer dataBluetooth.
2. Network aware
apllication,
yaitu aplikasi yang berinteraksi dengan jaringan. Aplikasi ini mempunyai kemampuan untuk mengakses sumber data eksternal.
Dalam
J2ME dibagi menjadi dua buah bagian yang dikenal dengan istilah configuration dan profile. Dua
buah istilah tersebut sangat penting dalam pengembangan aplikasi wireless dengan
Java.
·
J2ME Configuration
J2ME configuration mendefinisikan
lingkungan kerja J2MEruntime. Oleh karena setiap perangkat ponsel memiliki fitur-fitur yang
berbeda-beda, J2ME configuration ini
dirancang, yakni menyediakan librari standar yang mengimplementasikan fitur standar
sebuah ponsel. Ada dua kategori J2ME configuration saat ini, yaitu :
1. CLDC (Connected
Limited Device Configuration).
Kategori
ini umumnya digunakan untuk aplikasi Java pada ponsel yang umumnya memilki
memori berukuran 160-512 KB.
2. CDC
(Connected Device Configuration)
Kategori
ini digunakan untuk aplikasi Java pada perangkatperangkat yang ukuran memorinya paling tidak 2
MB. Contohnya adalah Internet
TV, car TV.
· Dasar MIDlet
Midlet adalah aplikasi yang dibuat menggunakan J2ME
dengan profile MIDP.
MIDP dikhususkan digunakan untuk digunakan pada perangkat dengan kemampuan CPU, memori keyboard, dan layar
yang terbatas, misalnya saja ponsel.
· Status MIDlet
MIDlet
memiliki beberapa status, yaitu Pause, Active dan Destroy. Dalam status
Pause MIDlet diinisialisasi dan tidak melakukan aksi apapun, pemanggilan fungsi
pause yaitu pauseApp(). Untuk status Active terjadi ketika
MIDlet sedang aktif, yakni dipanggil dengan fungsi startApp(). Sedangkan
untuk status Destroyed terjadi
ketika MIDlet berhenti berjalan, pemanggilan fungsinya
menggunakan destroyApp()
· MIDlet Suite dan Application
Descriptor
Ketika selesai membuat aplikasi, aplikasi tersebut harus
dikemas dalam sebuah paket yang berekstensi .*jar.
Selain itu dikenal juga file*.jad yang disebut sebagai application
descriptor yang berguna untuk mendeskripsikan isi dari file JAR
tadi. Kedua file ini harus diupload ke ponsel agar aplikasi
tersebut dapat dijalankan.
· Java 2 Micro
Edition Wireless Toolkit (J2MEWTK)
Untuk menjalankan program yang sudah kita buat, kita
membutuhkan
software pendukung. Maka dari itu kita
membutuhkan software Java 2 Micro
Edition Wireless Toolkit
(J2MEWTK).
Membuat Program Sederhana Menggunakan J2ME..
1. Buka aplikasi netbeans IDE
2. Buat project baru
3. Lalu pilih JavaME pilih project Mobile application
4. Tekan next.
2. Buat project baru
3. Lalu pilih JavaME pilih project Mobile application
4. Tekan next.
Lalu masukkan source code berikut ini...
import javax.microedition.lcdui.Alert;
import javax.microedition.lcdui.Choice;
import javax.microedition.lcdui.ChoiceGroup;
import javax.microedition.lcdui.Command;
import javax.microedition.lcdui.CommandListener;
import javax.microedition.lcdui.Display;
import javax.microedition.lcdui.Displayable;
import javax.microedition.lcdui.Form;
import javax.microedition.lcdui.StringItem;
import javax.microedition.lcdui.TextField;
import javax.microedition.midlet.MIDlet;
/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
/**
*
* @author Lucky Anugerah
*/
public class hello {
public class Midlet extends MIDlet implements CommandListener {
//inisialisasi properti
private Display display;
private Form fmDataPribadi;
private Form fmHasil;
private Command cmOk;
private Command cmExit;
private Command cmBack;
private TextField tfNama;
private TextField tfNIM;
private TextField tfAlamat;
private ChoiceGroup cgProdi;
private int choiceGroupIndex;
private StringItem siNama, siNIM, siAlamat, siProdi;
private boolean midletPaused = false;
public Midlet() {
}
private void initialize() {
}
public void startMIDlet() {
}
public void resumeMIDlet() {
}
public void switchDisplayable(Alert alert, Displayable nextDisplayable) {
// write pre-switch user code here
Display display = getDisplay();
if (alert == null) {
display.setCurrent(nextDisplayable);
} else {
display.setCurrent(alert, nextDisplayable);
}
// write post-switch user code here
}
/**
* Returns a display instance.
* @return the display instance.
*/
public Display getDisplay() {
return Display.getDisplay(this);
}
//memanggil manager aplikasi untuk memulai MIDlet
public void startApp() {
display = Display.getDisplay(this);
//membuat tombol
cmExit = new Command("Exit", Command.EXIT, 0);
cmOk = new Command("Ok", Command.SCREEN, 0);
cmBack = new Command("Back", Command.BACK, 0);
//textfield untuk data pribadi
tfNama = new TextField("Nama: ", "", 30, TextField.ANY);
tfNIM = new TextField("NIM :", "", 30, TextField.ANY);
tfAlamat = new TextField("Alamat :", "", 30, TextField.ANY);
//pemilihan Prodi
cgProdi = new ChoiceGroup("Prodi", Choice.EXCLUSIVE);
//meng-append pilihan atau choice
cgProdi.append("Teknik Komputer", null);
cgProdi.append("Manajement Informatika", null);
//membuat form dan memasukkan komponen
fmDataPribadi = new Form("Data Pribadi");
fmDataPribadi.addCommand(cmExit);
fmDataPribadi.addCommand(cmOk);
fmDataPribadi.append(tfNama);
fmDataPribadi.append(tfNIM);
fmDataPribadi.append(tfAlamat);
choiceGroupIndex = fmDataPribadi.append(cgProdi);
fmDataPribadi.setCommandListener((CommandListener) this);
//membuat form hasil input user
fmHasil = new Form("Profile Anda");
//membuat string item untuk menampilkan text dan pilihan yang diisi
siNama = new StringItem("Nama: ", null);
siNIM = new StringItem("NIM : ", null);
siAlamat = new StringItem("Alamat : ", null);
siProdi = new StringItem("Prodi: ", null);
//menampilkan StringItem yang nanti akan diisi oleh data hasil input user
fmHasil.append(siNama);
fmHasil.append(siNIM);
fmHasil.append(siAlamat);
fmHasil.append(siProdi);
//menambahkan command
fmHasil.addCommand(cmBack);
fmHasil.setCommandListener(this);
//menampilkan form DataPribadi sebagai tampilan awal
display.setCurrent(fmDataPribadi);
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
}
public void commandAction(Command c, Displayable d) {
//variable string untuk menampung inputan user
String nama, nim, alamat, tmptlhr, tgllhr, prodi = null;
//jika tombol/command OK ditekan
if (c == cmOk) {
//mendapatkan inputan user
nama = tfNama.getString();
nim = tfNIM.getString();
alamat = tfAlamat.getString();
prodi = cgProdi.getString(cgProdi.getSelectedIndex());
//memasukkan hasil input ke StringItem
siNama.setText(nama);
siNIM.setText(nim);
siAlamat.setText(alamat);
siProdi.setText(prodi);
//menampilkan form hasil setelah cmOk ditekan
display.setCurrent(fmHasil);
} else if (c == cmExit) { //jika tombol/command Exit ditekan
destroyApp(true);
notifyDestroyed();
} else if (c == cmBack) { //jika tombol/command Back ditekan
//menampilkan kembali form DataPribadi sebagai tampilan default/awal
display.setCurrent(fmDataPribadi);
}
}
}
}
Maka akan keluar tampilan output di bawah ini:
REFERENSI:
- Antonius Aditya H., Java 2 Micro Edition Tingkat Lanjut, Elex Media Komputindo, Jakarta , 2003
-Antonius Aditya H., Java 2 Micro Edition Mobile Interface Device Programming, Elex Media Komputindo, Jakarta , 2003
-http ://www.ilmukomputer.com, Tips J2ME, 2004
-Ady Wicaksono, Dasar-dasar Pemrograman Java 2, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2002
-Ady Wicaksono, Pemrograman Aplikasi Wireless dengan Java, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2002
-http://myshare212.blogspot.com/2012/03/membuat-program-sederhana-j2me-dengan.html
Di Resume Oleh:
LUCKY ANUGERAH PRATAMA
LUCKY ANUGERAH PRATAMA
M.I A / 1100631020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar